Aku Lupa Rasanya Membaca Buku Akan Se-Menakjubkan Ini #MeAfterReading Resign — My First Book After The Long Time

Akhirnya, aku menyelesaikan satu buku... Buku yang benar-benar kubaca karena aku ingin! 

Aku lupa kapan tepatnya terakhir kali aku membaca buku atas keinginanku sendiri. Saking lamanya, aku sampai nggak ingat. Sudah sejak beberapa saat lalu aku ingin kembali membaca. Sayangnya, selalu gagal. Beberapa minggu lalu, aku memutuskan untuk kembali mengunduh iPusnas. Setelah mencari-cari rekomendasi bacaan di Twitter, aku memutuskan untuk membaca Citylite [: Progresnya Berapa Persen?] dan Gadis Minimarket. Ah, tapi buku itu sama-sama kosong. Akhirnya, aku mengantri. Sebab nggak mau kehilangan 'rasa ingin' itu, akhirnya aku secara acak meminjam buku. Awalnya, aku meminjam Shopaholic dan membacanya. Aku membaca terjemahan. Namun, tidak aku lanjut karena aku tidak cocok dengan bahasanya. Kemudian, aku meminjam Cerita Klasik: Taman Rahasia yang setelah itu aku membaca versi dalam Bahasa Inggris, Classic Story: The Secret Garden. Namun, itu juga tidak selesai.

Aku sudah melupakan keinginanku itu lagi. Aku kehilangan minat membacaku lagi sampai aku membaca satu tweet tentang reading slump. "Ah, iya juga ya.", begitu pikirku saat membacanya. Setuju dengan tweet itu yang mengatakan bahwa kebanyakan menikmati tontonan dari reels dan TikTok membuat kemampuan membaca dan fokusku berkurang. Aku setuju karena aku memang lebih banyak menghabiskan waktuku untuk menikmati tayangan TikTok. Kemudian, tekadku yang hilang itu kembali bersamaan dengan munculnya rekomendasi bacaan, yang beberapa ternyata ada di iPusnas.

Tiktok dan Instagram sudah aku uninstall. Kemudian, aku segera mencari beberapa buku yang ada di tweet rekomendasi itu. Ada beberapa, aku lupa, kalau nggak salah ada I Wanna Be Where You Are, Love Like This, Resign!,  dan Citylite [: Progresnya Berapa Persen?]. Aku buru-buru mencari buku-buku itu di iPusnas (kecuali buku terakhir tentunya) karena takut kalau buku itu sudah habis. Postingannya 22 jam lalu! Aku mencari I Wanna Be Where You Are, sudah habis, aku harus mengantri. Ya sudah, lanjut mencari Love Like This. Hah? Tidak ada? Aku bahkan tidak harus mengantri karena buku itu memang tidak ada di iPusnas. Yang kemudian setelah aku baca utasnya, buku itu memang bisa dipinjam di Ruang Buku Kominfo. Ya sudah. Aku lanjut mencari buku berjudul Resign! itu. Ya Tuhan. Buku itu tersedia, ada dua copy. Buru-buru aku langsung meminjamnya, takut kehabisan dan benar saja, setelah kupinjam, buku itu benar-benar habis. 

Oke... Aku menang... Aku menang war... Sekali lagi, AKU MENANG WAR!!! Hatiku berdegup kencang, tidak menyangka. 

Entah karena memang minat bacaku yang telah kembali atau memang aku senang karena aku mendapatkan buku itu di iPusnas, aku langsung membaca buku itu. Aku membaca buku yang memiliki total 290 halaman itu. Ya, aku membacanya dan tidak terasa aku sudah membacanya hingga pukul setengah sembilan malam. Ya Tuhan, aku sudah membacanya sejak pukul setengah enam...yang berarti aku membacanya selama empat jam. Tidak terasa sama sekali aku sudah membacanya lebih dari separuh halaman. 

Aku tidak sadar bahwa aku telah membaca sebanyak dan selama itu, yang kuingat adalah bagaimana perasaanku saat membaca buku pertama yang kubaca setelah beberapa waktu. Sangat membahagiakan. Rasanya ada banyak kupu-kupu yang terbang di perutku. Rasanya bibirku tak bisa berhenti tersenyum. Ya Tuhan, bagaimana aku bisa lupa bahwa membaca akan membuatku merasakan hal yang menakjubkan seperti ini? 

Aku benar-benar lupa bahwa membaca akan menimbulakn perasaan yang sungguh menakjubkan. Hingga berkali-kali aku menggumamkan kata "wow" karena saking tidak percayanya. Bagaimana bisa? Bagaimana bisa aku melupakan rasa se-menakjubkan ini?

Ok, maybe it is my fresh start to be book addict again :D

Setelah membaca Resign!, aku lansung mengembalikanya dan kembali meminjam buku lainnya. Setelah menimang-nimang, akhirnya aku memilih untuk meminjam buku MetroPop lainnya, yaitu Blue Morpho. Aku akan menyudahi tulisanku ini dan membacanya. 

Komentar